Site icon SportsID News

Penulis Sampai Artis Ikut Trend NFT, Lokal Maupun Mancanegara

Maraknya produk NFT yang dapat diperjualbelikan, hal ini ternyata menarik minat para artis ikut trend NFT ini. Hal ini tentunya akibat dari perkembangan zaman semakin maju memicu banyaknya perubahan.

Non-Fungible Token (NFT) ialah barang atau bentuk karya seni yang memiliki nilai orisinil dan sejarahnya bisa dipertanggungjawabkan. Tidak ada perlakuan dan ketrampilan khusus untuk memperjualbelikannya, siapa saja bisa melakukannya.

Baca Juga : Olahraga untuk Down Syndrome yang Cocok dan Aman

Beberapa Artis Ikut Trend NFT

Seperti yang dilakukan oleh anak bernama Ghozali Everyday yang menjual foto selfienya di depan komputer sebagai produk NFT. Tentunya menarik perhatian masyarakat untuk mencoba, begitupun sederet artis berikut ini.

1. Syahrini

Artis ikut trend NFT yang pertama berasal dari penyanyi Syahrini. Tanggal 14 Desember 2021, ia lakukan peluncuran untuk produk pertamanya yang diperjualbelikan. Aset NFT-nya tersebut diberi nama “Syahrini’s Metaverse Tour”.

2. Luna Maya

Menggandeng creator NFT asal Jepang, Luna Maya luncurkan karya digitalnya dalam jumlah terbatas atau bisa dikatakan produk limited edition. Peluncuran dilakukan pada bulan Juni 2021 berjumlah 10 item.

Lapak yang dipakai untuk memperjualbelikan produknya itu ialah NFT Populer, Bakery Swap. Binance juga menjadi platform lainnya dalam memperjualbelikan aset NFT limited edition milik Luna Maya.

3. Anang Hermansyah

Artis ikut trend NFT selanjutnya ialah musisi asal Indonesia, Anang Hermansyah. Ia tidak sendiri, bersama istrinya sudah dibuat perencanaan untuk meluncurkan pasar penjualan mereka yang diberi nama ASIX.

Jadi tidak hanya berbentuk seperti karya saja, melainkan ASIX ialah token yang menjadikan pengguna bisa bermain game berteknologi blockchain. Tema yang diusung ialah Pay-to-Earnnn (P2E).

4. Shawn Mendes

Tidak hanya selebriti Indonesia saja, nyatanya artis ikut trend NFT dari luar negeri ialah Shawn Mendes. Ia bersama dengan Genies saling berkolaborasi untuk membuat karya seni.

Karya seni ini berupa penggabungan gitar Fender, rompi hias, dan cincin emas milik Shawn. Genies adalah sebuah perusahaan pencipta avatar digital. Seluruh hasil penjualan dipakai untuk operasional Shawn Mendes Foundation.

5. Deny Januar Ali

Tidak hanya berasal dari kalangan selebriti saja, pengusaha dan penulis buku kenamaan yang kerap disapa Denny JA juga melakukan hal sama. Produk lukisan mengenai dirinya dijual sebagai aset NFT.

Asetnya tersebut dilabeli nama “A Portrait of Denny JA – 40 Years in the World of Ideas” yang diluncurkan pada tanggal 16 April tahun 2021 silam.

6. BTS

Grup boy band asal Negeri Ginseng, Korea Selatan, BTS juga masuk menjadi bagian artis ikut trend NFT. Pasalnya Hybe manajemen BTS, akhir tahun 2021 memberikan pengumuman menghebohkan.

Pengumuman ini berupa peluncuran koleksi aset milik boy band BTS. Namun, justru ini mengundang amarah dan protes dari para penggemar untuk memboikot boy band tersebut jika pihak manajemen meluncurkannya.

Banyak alasan muncul sebagai bentuk protes para penggemar garis keras ini. Alasan itu seperti boros listrik, menggunakan kripto, dan tidak ramah lingkungan, serta memakai teknologi blockchain.

Meskipun begitu, John Kim, juru bicara Hybe mengatakan bahwa rencana awal peluncurannya akan tetap dijalankan walau ada pertentangan. Hal tersebut diungkapkan kepada The Wall Street Journal pada awal Januari 2022.

Karena keyakinan akan perkembangannya, hal ini dapat memberikan berbagai pengalaman kepada fans di seluruh penjuru dalam mengekspresikan dirinya. Peluncuran tersebut kemungkinan besar dilakukan pada pertengahan 2022.

Berkembangnya zaman turut mempengaruhi perubahan dari segala aspek, tidak terlepas pada teknologinya. Bukan hanya masyarakat, penulis, maupun artis ikut trend NFT ini, tentunya bisa menjadi peluang bisnis baru berkepanjangan.

Exit mobile version