Manfaat Permainan Game E-Sport Bagi Para Pemain

Permainan game E-Sport saat ini masih dipandang sebelah mata, namun ternyata banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan di kehidupan nyata. Umumnya, olahraga ini tidak melibatkan aktivitas motorik kasar yang memerlukan dan melatih kinerja otak.

Tujuan dari bermain game ini sebagai pengisi waktu luang saja. Pada E-Sports terdapat kompetisi yang harus dimenangkan, mempunyai organisasi dan berkaitan dengan uang dalam jumlah besar.

Berbagai Manfaat Permainan Game E-Sport

Sejak sudah diakui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai cabang olahraga prestasi, E-Sport semakin menunjukkan peningkatan secara drastis. Berdasarkan peristiwa ini, banyak kesempatan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari industri eSports.

Faktanya, walau tidak banyak menggunakan gerakan fisik, namun permainan game E-Sport ini mempunyai berbagai manfaat. Apalagi bila kamu termasuk pemain game E-Sport yang dibayar untuk bergabung dalam sebuah tim.

1. Dapat Meningkatkan Kemampuan Strategis

Saat bermain E-Sport dalam tim, kamu akan dihadapkan banyak informasi yang harus dicerna secara cepat. Informasi ini akan diproses, dan dijadikan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan.

Bahkan, dalam sebuah kompetisi E-Sports, banyak keputusan yang harus diambil bersama tim. Proses dari pengambilan keputusan ini secara otomatis akan melatih kamu untuk berpikir strategis.

Apabila kamu salah dalam mengambil keputusan, maka resikonya adalah kegagalan. Menjadi salah satu pemain game E-Sport dituntut untuk berpikir lebih jauh ke depannya.

Bahkan, tidak hanya strategi apa yang akan digunakan saja, namun strategi apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan musuh. Kamu juga harus dapat memprediksi langkah dari lawan, sambil menentukan cara untuk mengalahkannya.

permainan game E-Sport

Baca Juga : Inilah 4 Pemeran Film Star Wars Terkaya Saat ini

2. Melatih Berpikir Kritis

Selain mampu kemampuan berpikir strategis, permainan game E-Sport juga akan melatih seseorang untuk berpikir secara kritis. Apalagi dalam menghadapi atau menentukan plot dalam video game.

Pemain game E-Sport harus dapat memberikan efek apa yang terjadi saat mengambil keputusan. Setelah Kamu berhasil melewati kekalahan dalam sebuah pertandingan, maka harus berpikir bagaimana untuk mencegah kesalahan yang sama.

Bahkan, bisa saja Kamu akan mengulangi video pertandingan sebelumnya, serta menganalisis penyebab dari kegagalan. Terdapat beberapa proses evaluasi dan perbaikan diri yang terjadi, sehingga kemampuan untuk berpikir kritis akan lebih terasah.

3. Mampu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Semua orang pasti membutuhkan rasa percaya diri, namun tidak semua bisa mendapatkannya dengan mudah. Pada dasarnya, banyak orang yang pemalu dan bersikap tertutup.

Hanya dengan bergabung dalam tim E-Sport, orang-orang pemalu akan merasa diakui keberadaannya. Bahkan, bisa merasakan dihargai keahliannya dalam bermain.

Tidak hanya itu saja, seiring dengan berjalannya waktu, Kamu juga bisa mencetak prestasi yang membuat percaya diri. Bahkan, secara tidak langsung, kepercayaan diri ini akan membuat yakin dan mampu melakukan hal yang lebih baik.

Biasanya, seorang pemain game E-Sport lebih yakin saat mengambil resiko dan berani menerima tantangan. Hal ini juga bisa membuatnya lebih percaya diri dalam menghadapi hal lain di sekitarnya.

4. Dapat Mengurangi Rasa Stress

Banyak sekali orang yang mulai menggemari permainan game E-Sport, karena menyenangkan. Hal ini penting sekali, walau tidak semua dari mereka hobi menjadi E-Sport.

Game ini bisa menjadi pelepas lelah dan stress bagi beberapa orang, dan berlaku untuk para atlet eSport. Bahkan, pemain game ini memiliki tujuan atau ambisi tertentu dalam menaklukkan pertandingan atau kompetisi.

5. Berpotensi Pilihan Karir

Sebagian besar orang sudah membuktikan bahwa menjadi pemain game E-Sport, menjadi pilihan karir yang baik. Bahkan, ada salah satu bintang E-¬Ęport dari Korea Selatan yang mendapatkan sekitar Rp. 28,8 miliar per tahun dari bermain game.

Hal ini bisa saja terjadi karena perkembangan permainan game E-Sport yang semakin tinggi. Bahkan, popularitas sangat tinggi di berbagai tingkat usia. Jadi bila kamu memutuskan menjadi atlet game E-Sport, maka harus mengetahui terlebih dulu apa yang harus dipersiapkan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *