Kenali Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Cegah Obesitas

Orang indonesia selalu menggunakan transportasi ketika bepergian ke suatu tempat yang cukup dekat, padahal ada banyak sekali manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka selalu ingin bergerak cepat ketika berpindah ke suatu tempat yaitu dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Berbeda dengan di Indonesia, banyak negara – negara eropa yang masyarakatnya lebih memilih melakukan aktivitas ini ketika bepergian. Mereka pastinya sudah mengetahui manfaat dari jalan kaki.

Selain itu, kondisi dan lingkungan sebuah kota atau daerah juga yang menjadi pengaruh kenapa banyak orang lebih memilih berjalan. Pada beberapa negara eropa sudah jelas, penataan kota dan trotoarnya sudah sangat mendukung para pejalan kaki.

Baca Juga : Rekomendasi Game Esports di PC yang Banyak Diminati

Di indonesia, trotoar yang seharusnya menjadi tempat pejalan kaki malah dijadikan tempat berjualan oleh para pedagang. Karena hak pejalan ini direnggut membuat banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dan tidak bisa merasakan manfaat jalan kaki untuk kesehatan.

Dengan lebih banyaknya pejalan dibandingkan dengan pengguna kendaraan pribadi tentunya bisa mengurangi macet yang sering terjadi di kota – kota besar Indonesia. Selain itu masih banyak manfaat lain dari berjalan kaki baik untuk kesehatan kamu maupun lingkungan.

Keutamaan Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Di negara kita para pejalan kaki sering tidak mendapatkan haknya karena trotoar yang seharusnya dipakai para pejalan kaki malah digunakan untuk berjualan para pedagang, dan juga biasanya dijadikan tempat pangkalan ojek.

manfaat jalan kaki

Karena hal tersebutlah banyak orang malas berjalan kaki dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, baik ke kantor, ke sekolah maupun ke kampus. Karena semua orang memilih berkendara sendiri, kemacetan sering kali terjadi dan tidak dapat dihindarkan.

Untuk itu, pemahaman mengenai manfaat jalan kaki untuk kesehatan harus ditanamkan sejak dini. Dengan begitu indonesia bisa menjadi negara bebas macet dan masyarakatnya sehat karena melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Sering disepelekan, berjalan selama 30 – 45 menit sehari terbukti bisa menjaga serta menurunkan berat badan. Bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat lain dari aktivitas fisik satu ini jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Seperti sudah disebutkan di atas, berjalan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan dengan hanya melakukan aktivitas fisik ini, kamu bisa mendapatkan khasiat sama seperti olahraga berat seperti misalnya lari. Berikut manfaat dari jalan kaki untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung menjadi salah satu organ paling penting dalam tubuh, sebab jantung lah yang bekerja memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jadi, kesehatan jantung merupakan hal wajib untuk dimiliki setiap orang.

Cara untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan cara berjalan kaki karena dapat meningkatkan denyut jantung dan memperlancar sirkulasi darah, serta memperkuat jantung.

2. Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat jalan kaki ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga menjaga kestabilan darah. Karena kadar kolesterol jahat terkontrol dengan baik, maka hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Menurunkan berat badan

Dengan melakukan aktivitas fisik ini selama 30 menit setiap hari secara rutin, kamu bisa membakar sampai dengan 150 kalori. Semakin cepat dan semakin jauh jarak yang ditempuh, tentunya akan semakin banyak juga kalori terbakar.

Walaupun terlihat biasa – biasa saja, ternyata aktivitas fisik ini bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Seluruh manfaat jalan kaki untuk kesehatan bisa kamu dapatkan dengan hanya melakukannya secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *